Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Cara Membuat Akun Gmail Baru, No Ribet!

Cara Membuat Akun Gmail Baru, No Ribet!

Mungkin sebagian banyak orang sudah tahu bagaimana cara membuat akun Gmail baru melalui komputer maupun ponsel. Akantetapi tidak banyak orang yang mengetahui manfaat utama memiliki akun e-mail Gmail dimana dengan akun tersebut Anda dapat mengakses produk layanan Google. Dengan akun Gmail, Anda bisa melakukan beberapa kegiatan seperti: 

  • Mengirim atau menerima e-mail ke e-mail orang lain menggunakan akun Gmail.
  • Lebih mudah menemukan video kesukaanmu di Youtube
  • Digunakan untuk masuk ke akun Google Play ketika mendownload aplikasi di Google Playstore

Selain ketiga manfaat diatas, akun Gmail digunakan mendaftar ke media sosial seperti Facebook, Instagram, sampai digunakan untuk menghubungkan ponsel berbasis Android. Memiliki e-mail di jaman sekarang ini sudah merupakan hal yang penting harus dimiliki oleh banyak orang, apalagi sekarang sudah mulai jamannya serba teknologi yang mengharuskan setiap penggunaan akun diwajibkan untuk membuat akun Gmail baru untuk dipakai registrasi.

Membuat Akun Gmail Baru
Cara Membuat Akun Gmail Baru

Panduan Membuat Akun Gmail

Gmail ialah salah satu dari sebagian penyedia layanan e-mail dari Google bebas biaya atau gratis. kalian dapat mengakses semua produk Google asal telah punya akun Gmail. Pada mulanya, Gmail cukup memberikan persetujuan melalui invite atau undangan. Namun, saat ini kalian dapat mendata sendiri membuat akun Gmail baru kapanpun, dimanapun, serta apapun perangkatnya.

Saat Gmail mulai diperlihatkan serta mulai diresmikan, kemajuannya dibatasi dengan memberikan izin pemakainya semata-mata guna mengundang teman-Nya biar ikut membuat akun Gmail. Perihal tersebut dilakukan, lantara guna memelihara nama baik Gmail untuk menghalangi laju pertumbuhannya. Sistem permintaan terbatas itu diresmikan 14 Februari 2007. Kala itu pula, Gmail selaku penyedia layanan e-mail setidaknya terkenal pada tahun itu sampai saat ini.

Sebelum melangkah ke inti pembahasan, ada baiknya Anda tentukan terlebih dahulu akun Gmail yang akan Anda buat nanti akan membuat akun Gmail untuk mengelola bisnis atau membuat akun Gmail untuk diri sendiri. Kedua jenis akun Gmail tersebut memiliki fungsi yang berbeda dalam membantu meningkatkan nilai visibilitas bisnis yang akan Anda kelola dalam bisnis online mendatang.

Baru-baru ini pihak Gmail mengizinkan membuat akun Gmail anak dan dikelola menggunakan Family Link. Mulai diperbolekannya anak membuat akun Google, diharapkan bisa untuk mengakses semua produk Google saat penelusuran menggunakan Google Chrome. Dengan Family Link, Semua aktivitas anak Anda dapat diawasi langsung oleh Anda ketika si anak tersebut menggunakan perangkat digital untuk mengakses semua produk Google. Silahkan ikuti step by step membuat akun Gmail untuk anak menggunakan Family Link, silahkan simak penjelasan artikel ini sampai selesai!

Ketika membuat akun Gmail, silahkan isi data sedetail mungkin untuk menjaga keamanan akun dan memberikan informasi secara akurat untuk penunjang bisnis Anda di media online. Saat memberikan data informasi, jangan ragu-ragu untuk memberikan semua yang dibutuhkan karena data Anda akan dijamin aman karena pihak Google sekarang sudah menerapkan 2 langkah verifikasi data apabila e-mail Anda akan diambil alih oleh orang lain.

Pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan secara detail cara membuat akun Gmail. Silahkan simak artikel kami sampai selesai!

Cara Mudah, Cepat, dan Aman Membuat Akun Gmail

Berikut ini beberapa langkah membuat akun Gmail baru yang mudah, cepat, dan aman:

2.1 Membuat Akun Gmail Menggunakan HP

Penggunaan E-mail saat pertama memiliki perangkat handphone Android diharuskan setiap orang mempunyai akun E-mail yang digunakan untuk akses perangkat handphone. Salahsatu yang sering digunakan oleh banyak orang untuk membuat akun e-mail yaitu menggunakan akun Gmail dari Google karena proses membuatnya tidak susah dan pastinya gratis tanpa biaya apapun.

Simak terus sampai selesai cara membuat akun Gmail di HP berikut ini:

  1. Aktifkan handphone pada tombol “power on.” Tunggu proses sampai aktif. (Disini Kami menggunakan perangkat handphone Samsung Galaxy A02s Versi Android 11.0).

  2. Masuk ke menu “Pengaturan” pilih “Akun dan Pencadangan” setelah itu pilih “Kelola Akun.”

  3. Setelah itu, pilih “Tambah Akun” setelah itu pilih “Google.”

  4. Selanjutnya Pilih “Buat Akun” dan pilih “untuk diri sendiri.”

  5. Setelah itu silahkan ikuti petunjuk yang tampil pada layar handphone Anda untuk memberikan data mengenai informasi pribadi Anda.

  6. Setelah itu pilih tombol “Saya Setuju” untuk mengkonfirmasi akun Google Anda.

Sampai disini tahapan membuat akun Gmail di HP sudah selesai dan siap untuk digunakan.

2.2 Membuat Akun Gmail di Laptop

Ketika membuat akun Gmail di Laptop sangatlah mudah, cepat, dan aman dengan melengkapi beberapa data informasi yang diminta oleh pihak Gmail sebagai penyedia layanan e-mail untuk penggunanya. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Silahkan akses halaman pendaftaran akun Google melalui link login akun Gmail. Silahkan pilih salahsatu jenis e-mail yang akan Anda pergunakan, misalkan kami memilih membuat akun “untuk diri sendiri.”
    Halaman Utama Membuat Akun Gmail
    Halaman Utama Membuat Akun Gmail
    Tips!: Disini kami saat membuat akun Gmail menggunakan aplikasi Google Chrome dengan menggunakan “Mode Tamu.” Silahkan simak yang dimaksud dengan Mode Tamu.
  2. Setelah memilih menu "untuk diri sendiri", maka Anda akan di arahkan ke halaman pendaftaran akun Google untuk melengkapi seperti nama, nama alamat e-mail, dan kata sandi yang dipergunakan untuk login akun Gmail. Jika sudah terisi semuanya, klik tombol “Berikutnya.”
    Halaman Membuat Akun Gmail Menggunakan Laptop
    Halaman Identitas Diri Membuat Akun Gmail
  3. Maka Anda akan di arahkan ke halaman pemulihan alamat E-mail dengan memberikan data informasi seperti nomor telepon yang masih aktif, alamat E-mail pemulihan (Bersifat opsional bisa diisi, boleh di kosongkan), mengisi tanggal lahir Anda, dan memilih jenis kelamin Anda. Jika semua sudah terisi, silahkan klik “Berikutnya.”
    Halaman Pemulihan Alamat Email
    Halaman Pemulihan Alamat Email
  4. Setelah itu, Anda akan di arahkan ke halaman Verifikasi Nomor Telepon yang sudah Anda masukkan sebelumnya. Jika nomor telepon yang dimasukkan sudah benar, silahkan klik “Kirim.”
    Halaman Verifikasi Email
    Halaman Verifikasi Email Menggunakan Nomer Telephone
  5. Setelah menekan tombol Kirim, maka kode verifikasi Google dikirim ke nomor telepon. Sebagai contoh kami saat melakukan verifikasi E-mail, mendapat kode verikasi Google ke nomor telepon dengan kode G-707254. Setelah menerima kode tersebut, silahkan masukkan 6 digit angka tersebut ke menu kode verikasi. Setelah itu klik “Verifikasi.”
    Proses Verifikasi Email
    Proses Verifikasi Email Menggunakan Nomer Telephone
  6. Setelah selesai memverifikasi nomor telepon, akan ada menu halaman Optimalkan penggunaan nomor telepon Anda. Silahkan pilih tombol “Ya, saya ikuti.”
    Halaman Optional Penggunaan Nomor Telepon
    Halaman Optional Penggunaan Nomor Telepon
  7. Setelah itu, halaman Privasi dan Persyaratan akan tampil pada layar Anda. Silahkan baca Kebijakan Privasi dan Persyaratan sampai selesai, setelah semua sudah selesai dibaca. Silahkan pilih tombol dibawah “Saya Setuju.”
    Halaman Privasi dan Persyaratan
    Halaman Privasi dan Persyaratan
  8. Sampai disini Anda sudah menyelesaikan membuat akun Gmail di Laptop.

2.3 Membuat Akun Gmail Untuk Anak Menggunakan Family Link

Aplikasi Family Link
Aplikasi Family Link

Aplikasi Family Link ini bisa Anda pergunakan jika perangkat handphone Android sudah versi 7.0 atau lebih tinggi. Akantetapi bagi pengguna Android dengan versi dibawahnya seperti versi 5.0 (Lolipop) dan 6.0 (Marshmallow) tidak usah kawatir, aplikasi ini masih support Anda gunakan pada handphone Android Anda.

Berikut langkah-langkah membuat akun Gmail untuk Anak menggunakan Family Link:

  1. Buka aplikasi Family Link pada ponsel Anda. Jika belum memiliki aplikasi tersebut, silahkan unduh aplikasi melalui Playstore dengan kata kunci “Family Link.” Maka Anda akan di arahkan ke aplikasi resmi Family Link.

  2. Pada posisi kanan atas ada simbol (+) atau "Buat," silahkan klik tombol tersebut.

  3. Ikuti arahan yang ditampilkan pada layar untuk mulai membuat akun.

  4. Silahkan isi informasi mengenai anak Anda untuk proses membuat akun anak.

  5. Setelah semuanya selesai, maka menu konfirmasi akan muncul pada layar.

  6. Sampai disini proses membuat akun anak menggunakan Family Link sudah selesai.

Begitulah cara membuat akun Gmail untuk akun diri sendiri dan akun bisnis dengan mudah, cepat, dan aman. Tinggal ikuti panduan dan tahapannya.

Open Comments

Post a Comment for "Cara Membuat Akun Gmail Baru, No Ribet!"