Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Tips Optimasi SEO On-Page di Blogspot

Tips Optimasi SEO On-Page di Blogspot

Pernahkah kalian mendengarkan istilah khusus mengenai SEO? Pastinya sekarang kata kunci tersebut sudah menjadi bagian kata kunci terpopuler di mesin pencari internet sebagai sumber informasi. Istilah SEO sendiri sering dikenal oleh pakar SEO dengan istilah Search Engine Optimation atau dalam kamus bahasa indoneisa yaitu  Optimasi Mesin Pencarian. Penggunaan dari prosedur ini dipakai buat memaksimalkan sebuah situs website supaya bisa memperoleh peringkat teratas di rangking mesin pencarian google dengan memfokuskan ke salahsatu kata kunci khusus. Darimana mesin pencari internet bekerja  dengan menunjukkan semacam  laman  blog  yang sesuai  dengan kata  kunci yang tengah dicari oleh pemakainya ? Yuk kita amati bersama.

Cara Mengoptimalkan SEO On-Page di Blogspot
Mengoptimalkan SEO On-Page

Prinsip Dasar SEO

Masalah yang sering timbul di tengah masyarakat tentang informasi sekarang ini berpendapat jika teknik SEO amatlah sulit serta cukup mampu dipelajari dan diterapkan oleh pakar bahasa pemrograman internet akan tetapi pada kenyataannya,  banyak praktisi SEO yang kurang mempunyai pengetahuan tentang bahasa pemrograman internet, tapi sudah memiliki keahlian menerapkan teknik-teknik SEO.

Sebutan kata kunci SEO sudah sering Anda dengar bersamaan dengan banyaknya jumlah pemakai internet di Indonesia serta melambungnya jumlah situs  atau blog di internet. Sebutan SEO itu sendiri mulai muncul setelah banyak artikel yang menulis tentang SEO pada blog. Apakah SEO itu? Istilah SEO sendiri merupakan kepanjangan dari search engine optimization. Namanya juga search engine pastinya berhubungan dengan instilah mesin pencari. Membangun sebuah blog atau situs sangat butuh dioptimasi oleh mesin pencari dengan memberi kata kunci tertentu agar bisa menduduki posisi paling atas di mesin pencarian. Jika kata kunci yang kita tuju menjadi kata kunci yang sukses bisa masuk di halaman utama mesin pencarian, maka traffic yang masuk pada blog atau situs akan meningkat. Makanya, menjadi pakar SEO untuk sekarang ini sangatlah penting untuk sebuah website yang kalian kelola saat ini.

Inilah beberapa faktor penting yang sering dinilai oleh mesin pencarian Google yaitu:

  1. Faktor SEO On-Page (Mulai dari Judul dan setiap halaman judul, struktur alamat link, deskripsi blog, sitemap, konten yang berkualitas dari isi dan panjang artikelnya, kualitas Outbound Links, dan Frekuensi konten yang kalian update pada blog)

  2. Faktor SEO Off-Page (Kualitas Backlink)
    Kemajuan dari sebuah blog yang kalian bangun pada umumnya berawal mulai menerapkan teknik SEO dengan benar ialah dengan mulai meningkatkan kualitas dari faktor SEO On-Page setelah itu baru memaksimalkan kualitas faktor SEO Off-Page. Setelah kalian memahami konsep dasar SEO, kalian dipersilahkan untuk menambahkan add-on pada browser yang kalian gunakan. Add-on yang perlu kalian install yaitu SeoQuake dan NoDoFollow.

Usaha mengoptimasi situs website untuk memperoleh rangking pada tingkat teratas pencarian Google berdasarkan kata kunci khusus yang di optimasi merupakan istilah pengertian SEO. Penerapan teknik SEO di situs yang kalian kelola sangat diperlukan teknik tersebut untuk bisa tampil di halaman utama pencarian sebab website yang menempati pada urutan pertama atau teratas dari sebuah penelusuran yang dilakukan oleh pengguna pencari internet, akan lebih besar mendapatkan traffic yang tinggi sehingga lebih mudah mendapatkan traffic organik dan traffic organik tersebut memberikan dampak dalam meningkatkan kualitas SEO. Sudah banyak situs yang tidak pernah ke rangking masuk peringkat halaman utama di pencarian Google dikarenakan tidak menerapkan teknik SEO di websitenya.

Tujuan diterapkannya teknik SEO yaitu Optimasi SEO On-Page di Blogspot agar dapat bersaing untuk menempati peringkat pertama di Search Engine. Dengan bisa menempati utama pada Search Engine, diharapkan blog kalian sering dikunjungi.

Cara Kerja SEO

Mesin pencarian yang diterapkan oleh pihak Google atau mesin pencarian, mereka bekerja di bagian menjadi dua cara yaitu dengan crawler dan algoritma. Bagi kalian yang masih pemula, pasti masih bertanya apa itu crawler dan yahoo bukan? Crawler sendiri merupakan perangkat lunak yang memiliki tugas untuk mengumpulkan database (pengindeksan) semua situs yang dia telusuri di internet. Sedangkan algoritma itu sendiri merupakan skrip yang dibuat untuk mesin pencari yang menentukan prioritas situs mana yang layak untuk ditampilkan di pesan pencariannya. Jadi, sebuah situs jika ingin ditampilkan di halaman utama mesin pencarian, sangat diperlukan untuk melakukan riset sebuah kata kunci yang potensial atau merek untuk situs kalian. Pelajari cara Riset Kata Kunci.

Langkah - langkah Mengoptimalkan SEO

Pekerjaan untuk pakar SEO dalam mengoptimasi website yang dikelola tidaklah mudah sebab membutuhkan waktu untuk menyelesaikannya. Melakukan teknik SEO bukanlah langkah terakhir untuk mengoptimasi website. Kalian harus mempelajari bagaimana kerja mesin pencari melakukan crawler dan merangking banyak website di internet. Berikut beberapa hal yang perlu kalian perhatikan saat melakukan teknik SEO:

3.1 Lakukan Riset Keyword

Kalian sendiri sebagai pemilik website maupun pakar SEO pasti menyadari betapa pentingnya melakukan teknik riset keyword saat menentukan kata kunci yang akan dipakai pada web kalian. Terutama saat kalian akan memulai menulis artikel, akantetapi pengunjung website kalian masih sepi padahal kata kunci yang kalian gunakan sudah masuk di halaman utama mesin pencari. Maka itulah melakukan riset keyword sangat penting untuk dilakukan oleh pimilik website.

Sudah banyak Keyword Tools yang disediakan di internet secara Gratis maupun berbayar. Pihak Google sendiri juga menyediakan Tools Riset Keyword secara Gratis dan lengkap yang bernama Google Search Console. Kalian harus mencobanya sebab tools ini sangat membatu kalian ingin mengoptimalkan SEO di mesin pencarian. Jika ingin belajar lebih lengkap bagaimana cara menggunakan Tools Google Seach Console, silahkan baca artikel yang sudah kami sertakan.

Tools riset keyword gratis tidak hanya disediakan oleh pihak Google, berikut beberapa situs yang menyediakan tools riset gratis:

  • Ahrefs
  • Ubbersuggest
  • Google Trends
  • Semrush
  • Keyword Shitter
  • MOZ
  • SeoStack Keyword Tool
  • H-supertools

Itulah beberapa tools yang sering kami gunakan ketika mencari kata kunci untuk website ini.

3.2 Menulis Artikel Berkualitas

Menulis artikel bagi setiap orang tidaklah mudah, akantetapi semua itu bisa kalian pelajari dengan memulai menulis artikel berkualitas untuk situs website kalian. Artikel berkualitas yang seperti apa di anggap bagus untuk pengunjung website Anda? Menurut kami pribadi, artikel yang berkualitas itu ialah artikel yang ramah terhadap pengunjung situs yang kalian kelola dan setiap kata dan kalimat yang di sampaikan dalam artikel tersebut memberikan pesan dan kesan yang baik sehingga pengunjung akan betah dan kembali lagi untuk mengunjungi situs website kalian itu.

Jadi mulai sekarang mulailah menulis artikel berkualitas di website kalian. Jangan lupa sebelum menulis artikel, lakukan riset keyword untuk menentukan topik pembahasan yang akan kalian tulis tersebut.

3.3 Memanfaatkan Media Sosial

Peran media sosial ini sangat penting sebagai penunjang memaksimalkan optimasi SEO untuk website kalian. Kunci sukses dalam mengoptimasi SEO tidak hanya menulis artikel berkualitas saja, akantetapi tulisan yang kalian bagikan tersebut bermanfaat dan berguna bagi banyak orang. Jadi manfaatkan media sosial ketika kalian ingin memaksimalkan optimasi SEO untuk situs website.

3.4 Membangun Backlink

Pastinya kalian tahu kan bahwa Algoritma Google itu sering kali berubah-ubah sepanjang waktu, akantetapi ada satu hal yang sampai saat di tahun 2022 tidak ada perubahan di Algoritma Google tersebut yaitu Backlink. Jadi jangan biarkan situs website yang kalian bangun tanpa menggunakan backlink. Mulai sekarang, bangunlah backlink berkualitas sehingga berpotensial untuk situsmu. Jangan lupa, pergunakanlah waktu senggang kalian untuk membangun backlink untuk situsmu.

3.5 Perhatikan Saat Optimasi Gambar

Hal terpenting yang sering dilupakan oleh blogger pemula yaitu lupa memperhatikan optimasi gambar yang di upload dengan memberikan Title Tags, ALT, dan nama file gambar tersebut.

3.6 Perhatikan Tautan Link

Tautan link yang kami maksud disini adalah link yang mengarahkan pada salahsatu alamat situs website atau artikel tertentu. Tautan link ini dibagi menjadi dua bagian yaitu internal link dan external link. Yang dimaksud Internal Link adalah tautan link dari suatu halaman menuju ke halaman lain tetapi masih dalam satu situs website yang sama (Tips!. Usahakan saat memberikan tautan link, usahakan berikan tautan yang relevan dengan topik pembahasannya, karena akan mempengaruhi kualitas SEO untuk situsmu). Sedangkan external link adalah tautan link yang kalian pada situsmu untuk diarahkan menuju situs website lainnya. Jadi kalian perhatikan tautan link tersebut, karena kedua tautan tersebut sangat membantu kalian untuk memaksimalkan optimasi SEO di situsmu.

Internal link dapat membantu kalian untuk meningkatkan engagement pengunjung situsmu, bisa menurunkan Bouce Rate, dan membantu Google saat membaca setiap halaman pada situsmu. Terus, bagaimana dengan External link dimata Google? External link juga membantu situsmu mencapai kepercayaan dan relevansi dalam memperkuat isi artikel yang kalian bagikan dengan memberikan sumber penulisan artikel. Dengan meningkatnya tingkat kepercayaan tersebut, maka Google akan memberikan nilai positif untuk kualitas SEO untuk situsmu.

Open Comments

Post a Comment for "Tips Optimasi SEO On-Page di Blogspot"