Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Cara Mengatasi Broken Links 404 di Blogspot Menuju Halaman Utama Blog

Cara Mengatasi Broken Links 404 di Blogspot Menuju Halaman Utama Blog

Broken Link 404 adalah salahsatu kode error dimana halaman tersebut tidak ditemukan yang cukup sering ditemukan oleh pemilik blog. Sebenarnya permasalahan mengenai error 404 ini tidak membahayakan secara langsung untuk blog, namun jika tidak diperbaiki dampak yang ditimbulkan yaitu akan merusak kualitas blog tersebut di mata Google dan sebagai pengguna pengunjung blog akan merasa tidak nyaman saat menelusuri artikel yang ada di blog. Pada akhirnya, pengunjung blog tersebut beralih mengunjungi website lainnya. Pastinya Anda tidak menginginkan hal tersebut terjadi pada blog Anda bukan?

Broken link 404 ini muncul saat link artikel/URL yang dituju tersebut tidak dapat di akses lagi atau rusak dikarenakan halaman tersebut telah dihapus atau kesalahan pemilik blog saat memasukkan link artikel/URL. Mengatasi masalah broken link 404 di blog, pihak Blogger sendiri sudah menyediakan pengaturan di menu “Error dan Pengalihan”. Maka www.belajarblog.my.id akan memanfaatkan penggunaan fitur tersebut untuk mengatasi broken link 404 di blogspot menuju halaman utama blog.

Cara Mengatasi Error 404 di Blogspot
Cara Mengatasi Broken Link 404

Penyebab Muncul Error 404 di Blogspot

Inilah beberapa penyebab permasalahan munculnya error 404 yang harus Anda ketahui:

  1. Salah Memberikan Alamat URL
    Penyebab munculnya error 404 disebabkan adanya kesalahan saat memberikan alamat URL yang dituju. Sebagai contoh, alamat URL blog yang seharusnya Anda memasukkan www.belajarblog.my.id untuk mengakses website Belajar Blog. Namun hanya menuliskan belajarblog.my atau kurang .id maka muncullah kode error 404 tersebut. Maka untuk menghindari kesalahan-kesalahan serupa, dihimbau agar memperhatikan alamat URL yang akan dimasukkan sebelum melakukan “Publikasikan”.

  2. Halaman Artikel Sudah Terhapus
    Penyebab lainnya selain kesalahan memasukkan alamat URL, halaman artikel yang sudah terhapus secara tidak sengaja maupun sengaja di hapus akantetapi halaman artikel tersebut sudah tercatat dalam sitemaps Googlebot, maka Anda harus menghapus alamat URL tersebut agar tidak dirayapi oleh Googlebot. Akantetapi jika Anda menginginkan halaman tersebut tetap dirayapi, maka Anda harus mengalihkan alamat URL tersebut ke halaman artikel yang paling relevan.

Cara Mencegah Muncul Error 404 di Blogspot

Perhatian: Biasakan selalu melakukan backup data terlebih dahulu sebelum mengubah terhadap website. Hal ini dapat memperkecil terjadinya kesalahan yang lebih buruk lagi.

  1. Perhatikan Penulisan Alamat URL
    Selalu perhatikan penulisan alamat URL saat memasukkan di halaman artikel atau blog Anda, sebab masalah ini dapat menimbulkan munculnya error 404 yang disebabkan hanya permasalahan sepele yaitu kesalahan mengetik alamat URL. Pastikan alamat URL tersebut sudah sesuai tanpa ada kekurangan huruf, atau kesalahan memberikan tanda baca yang harusnya .my.id menjadi .my,id.

  2. Temukan Broken Link Dengan Mudah
    Seperti yang sudah kami bahas sebelumnya tentang broken link, bisa Anda simak penjelasannya disana karena sudah kami jelaskan secara rinci bagaimana cara mengetahui Broken Link di blog dengan cepat dan mudah. Link pembahasannya sudah kami sertakan di “Kesimpulan”.

  3. Rutin Bersihkan Cache dan History Browser

Kesimpulan

Broken Link 404 atau Error 404 Not Found merupakan kesalahan error yang tergolong masih sederhana dalam Blogspot. Solusi untuk memecahkan permasalahan tersebut tergolong masih mudah untuk di praktekkan oleh seorang blogger pemula sekalipun. Fitur Error dan Pengalihan yang disediakan oleh pihak Blogger sendiri juga sangat mudah dipahami oleh semua kalangan blogger. Semoga setelah mengetahui informasi tentang penyebab muncul error 404 dan cara mencegah muncul error 404 di blogspot, diharapkan Anda bisa mempraktekkan langsung dan memperhatikan kembali halaman artikel yang sudah disisipkan dengan rutin periksa broken link seperti yang pernah kami bahas sebelumnya tentang Cara Mengetahui Broken Link Di Blog Dengan Cepat dan Mudah.

Penutup

Semoga dengan informasi yang sudah kami berikan, dapat diterima dengan jelas oleh pengunjung Belajar Blog dan bermanfaat untuk semua orang. Terimakasih dan salam ketemu kembali di artikel selanjutnya.

Open Comments

Post a Comment for "Cara Mengatasi Broken Links 404 di Blogspot Menuju Halaman Utama Blog"