Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Cara Mengetahui Broken Link Di Blog Dengan Cepat dan Mudah

Cara Mengetahui Broken Link Di Blog Dengan Cepat dan Mudah

Sebagai seorang blogger professional, wajib memperhatikan kualitas blog supaya ramah di mesin pencarian Google. Salahsatu faktor yang wajib diperhatikan yaitu permasalahan broken link yang mempengaruhi kualitas blog kita terhadap mesin pencarian Google. Apa itu broken link? Simak penjelasannya, bagi pemula blogger wajib mengetahui jika ingin menjadi seorang blogger.

Broken Link adalah alamat url yang rusak dan sudah tidak bisa di akses kembali, dikarenakan berbagai macam faktor seperti alamat url blog yang sudah di hapus, baik itu di hapus oleh pemilik blog atau di hapus dari mesin pencarian Google karena melanggar kebijakan komunitas, postingan di hapus dan faktor lainnya. Pada Intinya broken link itu jika alamat url tersebut di klik, tidak dapat di akses menuju link yang dituju/dimaksud.

Setelah mengetahui permasalahan tersebut diatas, saya berinisiatif untuk mencoba cek broken link di Belajar Blog yang sedang kami kelola tersebut. Setelah saya cek diketahui ada beberapa link yang mati atau error. Bisa Anda lihat gambar di bawah ini dengan sangat jelas.

Cara Mudah Mengetahui Broken Link

cara mengetahui broken link di blog
Cara Mengetahui Broken Links

Sebenarnya untuk mengetahui alamat url yang rusak atau error di blog itu sangat mudah, dengan 7 langkah permasalahan broken link bisa terselesaikan. Silahkan simak penjelasannya di bawah ini.

  1. Pergi ke: https://brokenlinkcheck.com

  2. Masukkan alamat url yang ingin Anda cek.

  3. Lanjut klik “Find broken links”.

  4. Masukkan security code sesuai yang di tampilkan pada kolom.

  5. Pilih menu yang kedua jika ingin mengetahui semua url yang rusak pada blog Anda.

  6. Setelah itu pilih “Find broken links now!”. Silahkan tunggu beberapa saat sekitar 5-10 menit paling lama, tergantung jumlah postingan di blog Anda.

  7. Jika Status sudah menunjukkan “COMPLETED”, Silahkan perhatikan links yang rusak tersebut.

Setelah selesai, silahkan perbaiki kembali postingan-postingan yang sudah rusak supaya aktif kembali menuju postingan yang dituju. Kebetulan di blog kami mengalami broken link 404 dengan url yang ditunjukkan pada gambar di atas. Bagaimana cara mengatasi broken link 404? Silahkan baca penjelasannya Cara Mengatasi Broken Links 404.

Saran Untuk Blogger Pemula

Sebagai blogger pemula menyarankan supaya tidak sembarangan meletakkan link pada postingan blog. Pemberian link aktif tersebut wajib Anda pilih secara selektif agar performa blog tetap terjaga dan ramah oleh mesin pencarian Google saat dilakukan crawl oleh robot Google untuk mulai di indeks. Jika Anda tidak selektif meletakkan link pada postingan blog, di khawatirkan nanti link ditetapkan tersebut ternyata rusak sehingga mengganggu performa blog. Selain selektif memilih link, usahakan konsisten untuk tetap update konten-konten yang menarik, bermanfaat dan unik.

Bagaimana jika postingan blog Anda mengalami url yang rusak atau kemungkinan alamat url yang dituju diganti dan artikel tersebut sudah di indeks di mesin pencarian Google? Silahkan baca penjelasannya di judul artikel Cara Mengatur Pengalihan Khusus Di Blogspot.

Penutup

Bagaimana dengan penjelasan di atas, sudah cukup jelas bukan cara mengetahui broken link di blog. Semoga setelah membaca artikel ini, saya yakin Anda akan mencoba mulai memperhatikan blog yang Anda kelola untuk menjaga kualitas blog. Semoga artikel ini bermanfaat untuk semua orang. Terimakasih.

Open Comments

Post a Comment for "Cara Mengetahui Broken Link Di Blog Dengan Cepat dan Mudah"