Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Tutorial Mengubah Template Blog

Tutorial Mengubah Template Blog

Sebelumnya kita sudah membahas mengenai panduan lengkap membuat blog di blogspot secara detail sampai bagaimana menghubungkan domain ke akun blogspot. Jika masih ada yang kurang jelas, bisa menanyakan melalui kolom komentar yang sudah kami sediakan. Ok, sekarang kita lanjutkan membahas bagaimana mengubah template di blogspot kalian agar tampilan blogspot kalian terlihat professional dan baik dimata Google.

Sebelum membahas tutorial mengubah template di blogspot, ada baiknya Anda dapat memutuskan apakah Anda akan tetap menggunakan template bawaan blogger.com atau akan menggantinya menggunakan template premium hasil desain sendiri atau membeli ke penyedia template seperti template premium milik Mas Sugeng.

Banyak para blogger yang menyukai desain templatenya termasuk kami sendiri sedang menggunakan salahsatu template karya dari mas sugeng. Semua template yang dia tawarkan sangatlah user friendly, sehingga sangat mudah bagi orang pemula untuk mengatur tata letak maupun warna pada template tersebut. Yang menjadi kelebihan dari template mas sugeng yaitu kita tidak perlu susah payah untuk mengupdate template tersebut jika ditemukan adanya error. Jika ditemukan error karena disebabkan dari template, maka mas sugeng akan segera memperbaiki bug error tersebut dan segera memperbaharui template tersebut dengan tingkatan versi agar mudah dipahami oleh penggunanya.

Jika kalian berminat ingin membeli template premium tersebut dan akan digunakan untuk blogspot, kamu dapat membelinya melalui links yang kami berikan dibawah ini:

Template Blogger Terbaik Rekomendasi

Template Premium Mas Sugeng 2022

Template Mas sugeng telah banyak yang di release serta semua mempunyai fitur-fitur yang tidak jauh beda dengan template wordpress. Semua template yang sudah di release kesemuanya sudah responsive serta seo friendly untuk semua perangkat semacam  yang digunakan di wordpress. Namun disini Mas sugeng tidak menyediakan template wordpress ya, melainkan mas sugeng cuma pakar template blogger.

Mas sugeng telah sediakan 5 Template Blogger Premium antara lain LinkMagz, VioMagzKuToko, EvoMagz, serta VioToko. Kelima template blogger yang disajikan oleh Mas Sugeng ini sudah dibekali dengan fitur-fitur yang amat baik, responsive, serta fast loading. Kami merekomendasikan kalian selaku blogger pemula yang ingin belajar tentang ngeblog yang belum mengerti seo on site, untuk bisa memanfaatkan salahsatu template tersebut. Harga template yang ditawarkannya pun juga tidak mahal bila dibanding fitur yang dibekalinya dan itu bisa dipakai selamanya dan di banyak blog kalian. Harga Template Premium yang ditawarkan oleh Mas sugeng sendiri mulai Rp 150.000 sampai Rp 255.000.

Bagi kamu yang telah membeli template disini bakal  memperoleh  bimbingan  gratis  di support langsung oleh Mas sugeng via email. Apabila terdapat pembaharuan data tentang template bakal di informasikan melalui Telegram Mas sugeng dan file pembaharuan template dapat di download melalui  akun member. 

Sekarang kita lihat yuk, Apa saja Template Blogger Premium yang Mas sugeng tawarkan.

1.1 EvoMagz

Template Blogger Premium EVOMAGZ V6
Template Blogger Premium EVOMAGZ V6
Release update 28 Januari 2022

Template terakhir yang ditawarkan oleh Mas sugeng terlihat tema EvoMagz di situs resminya. Template EvoMagz ini mengusung niche tema magazine yang paling hebat serta terlaris dari Mas sugeng. Hebatnya, dari separuh bulan sesudah produksi, banyak para blogger Indonesia memakai template ini.

Ciri khas yang tampak di template ini terletak pada widget popular posts yang memiliki tampilan berwarna-warni. Sehingga banyak sekali para blogger yang meniru script kode css widget ini untuk diterapkan atau ditampilkan di blognya.

UPDATE TERBARU TEMPLATE EVOMAGZ 2022

Bertepatan pada tanggal 28 Januari 2022 Template Premium EvoMagz sudah memperoleh perbaikan fitur serta sedikit memperbaiki URL Author di schema markup dan pernbaikan error lainnya, maka statusnya menjadi tersedia siap untuk dijual kembali.

Adapun untuk data pembaharuan (change log 25 maret) yakni perbaikan untuk penyempurnaan iklan AdSense di tengah tulisan blog serta penyempurnaan nomor di widget Popular Posts.

Beberapa Fitur Yang Dibekali Pada Template EvoMagz:

  • Jaminan 100% Responsive
  • SEO sudah di optimasi
  • Iklan Ads sudah di optimasi
  • Bebas Links Credit
  • Tersedia Related Posts dan Recent Posts
  • Facebook Comment
  • Shared Buttons ke Sosial Media
  • Dan lain sebagainya

1.2 VioMagz

Template Premium VIOMAGZ V 4.8.0
Template Premium VIOMAGZ V 4.8.0
Release Update 28 Januari 2022

VioMagz sendiri telah di release oleh Mas sugeng pada tanggal 04 Maret 2018. Template ini terakhir di update versi 4.8.0 pada tanggal 28 Januari 2022 dengan perbaikan bug error yang sama dengan Template EvoMagz. Template ini dirancang dengan memasukkan fitur-fitur yang terbaik dari EvoMagz. Yang membedakan dari kedua template tersebut ialah desain yang lebih modern dari pendahulunya dan sudah menyesuaikan trend situs besar saat ini. VioMagz sudah dibekali dengan fitur related posts yang berada di tengah artikel.

Banyak pengguna blogger Indonesia sudah memakai template VioMagz, statistik blog mereka menjadi meningkat. Dengan meningkatnya statistik di blog, penghasilan dari Google Adsense mereka pun juga meningkat. Template ini sangat baik untuk menjadi pilihan kamu mengganti template default yang diberikan oleh pihak blogger. Dengan mengganti template bawaan blogger diharapkan dapat meningkatkan penghasilan kamu di Google Adsense.

Beberapa Fitur Yang Dibekali di Template VioMagz:

  • Jaminan 100% Responsive
  • Speed Fast Loading Great A
  • SEO sudah di optimasi
  • Iklan Ads sudah di optimasi
  • Bebas Links Credit
  • Related Post dan Recent Posts Tersedia
  • Facebook Comment
  • Shared Buttons ke Sosial Media
  • Sudah Tersedia Breadcrumb Navigation
  • Dan lain sebagainya

1.3 LinkMagz

Template Premium LinkMagz V3.2.0
Template Premium LinkMagz V3.2.0
Release Update 28 Januari 2022

Belum lama ini Mas sugeng resmi mengunggah template terbarunya pada tahun 2020 seperti yang saya pergunakan untuk situs BelajarBlog. Menurut saya, template satu ini sangat keren, sudah update menyesuaikan template wordpress pada umumnya. Kecepatan loadingnya tidak diragukan lagi, sangat cepat seperti menggunakan platform worpress saja. Hasil uji template ini sudah dilakukan di Google PageSpeed, GTmetrix, dan Lighthouse didapat hasilnya wow! Sangat mengejutkan hingga memperoleh great A semua yang artinya template ini sangat sempurna dan super cepat. Semua fitur yang dimiliki pada wordpress sebagian besar sudah dibekali di Template LinkMagz.

Fitur yang ada pada wordpress dan diterapkan di Template LinkMagz yaitu fitur “Table of Content.” Cara mengaktifkan fitur ini sangatlah mudah, tetapi jika kalian akan menaruhnya diposisi tertentu, kalian harus sedikit paham tentang struktur HTML. Semua tutorial ini sudah ada di Panduan Setting LinkMagz di member area.

Selain fitur TOC, template ini juga sudah dibekali dengan fitur “dark mode atau mode gelap” sehingga pengunjung blog akan nyaman saat berselancar di blog kalian tanpa terganggu dengan cahaya yang tidak enak dipandang mata.

Yang paling mengejutkan dari template ini yaitu kalian dapat menjual jasa maupun produk memakai template ini masih dalam satu situs yang kalian miliki. Template LinkMagz memiliki fitur yang menyerupai template premium worpress yang dijual di situs online.

Template ini mengambil konsep dari Template VioToko yang diterapkan di Template LinkMagz, selain bisa digunakan untuk posting artikel, template ini juga dapat digunakan untuk menjual jasa maupun produk.

Halaman antara postingan artikel dengan postingan jasa maupun produk tidak dijadikan satu halaman. Pada halaman artikel menampilkan info penulis, tanggal dipublikasikan, widget, table of content, artikel yang terkait, kolom komentar, dll. Sedangkan pada halaman jasa dan produk tidak ditampilkan.

Beberapa Fitur Yang Dibekali di Template LinkMagz:

  • Jaminan 100% Responsive
  • Speed Fast Loading Great A
  • SEO sudah di optimasi
  • Table of Content Tersedia
  • Dark Mode Tersedia
  • Tombol Order di Jasa dan Produk via WhatsApp Tersedia
  • Slide Gambar posting Jasa dan Produk Tersedia
  • Iklan Ads sudah di optimasi
  • Bebas Links Credit
  • Related Post dan Recent Posts Tersedia
  • Facebook Comment
  • Shared Buttons ke Sosial Media
  • Sudah Tersedia Breadcrumb Navigation
  • Dan lain sebagainya

Mengubah Template Blogspot dengan HTML atau CSS

Ketika kamu memakai salah satu tema Blogger, pembaca bisa berinteraksi serta mengamati  situs kamu dengan cara yang berlainan. Google tidak pernah mengklaim atas kepemilikan maupun pengendalian sehubungan tiap-tiap konten yang diposting, maupun oleh seseorang penulis pada ataupun lewat layanan Google. Bagi Penulis blog yang sudah memodifikasi kode dan digunakan pada blog maupun widget pihak ketiga, merupakan diluar kendali Google melainkan atas resiko sendiri. Pergunakanlah gadget untuk menjalankan bermacam perihal semacam menampilkan arsip, label, maupun menunjukkan profil kamu di tiap-tiap laman.

2.1 Menggunakan HTML Template Premium LinkMagz

  1. Silahkan Login sebagai Admin Blogger.

  2. Pilih nama blog yang akan diperbarui.


  3. Pada laman Blogger, pilih menu “Tema.”

  4. Pada laman Blogger “Tema Saya”, klik “tanda panah kebawah” dan klik “Edit HTML.”

  5. Silahkan buka script Template LinkMagz, silahkan lakukan perubahan, lalu klik “Simpan.”

Sampai disini untuk pengaturan mengubah template blogspot menggunakan Template LinkMagz sudah selesai.

Tips: Silahkan baca Bagaimana Panduan Setting Template LinkMagz sesuai panduan Mas sugeng.

2.2 Menggunakan CSS Template

  1. Silahkan Login sebagai Admin Blogger.

  2. Pilih nama blog yang akan diperbarui.

  3. Pada laman Blogger, pilih menu “Tema.”

  4. Pada laman Blogger “Tema Saya”, klik “Sesuaikan.”

  5. klik “tanda panah kebawah”, scroll kebawah klik “Tambahkan CSS.”

  6. Silahkan masukkan kode CSS kamu, klik “Simpan.”
Setelah mempelajari panduan membuat blog di Blogspot hingga mempelajari bagaimana mengganti template bawaan Blogger, sekarang kalian bisa Pelajari Cara Riset Keyword di Google Keyword Planner untuk pertama kali menulis artikel di blog kalian. Silahkan kunjungi artikel tersebut, semoga bermanfaat.

Open Comments

Post a Comment for "Tutorial Mengubah Template Blog"