Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Panduan Lengkap Membuat Blog di Blogger Bagi Pemula Dan Bagus Untuk SEO [Update 2022]

Panduan Lengkap Membuat Blog di Blogger Bagi Pemula Dan Bagus Untuk SEO [Update 2022]

Login Akun ke Blogger
Klik Disini Panduan Lengkap Membuat Blog Melalui Images by BelajarBlog

Blogger.com awal mulanya banyak digunakan sebagai sarana untuk berita dan media informasi pada tahun 1999 sebelum diakuisisi oleh pihak Google tahun 2003. Blog pada awalnya dibuat mirip seperti koran sebagai media pembacanya, akantetapi sesuai perkembangan teknologi sekarang blogging selain digunakan media informasi dan berita juga digunakan untuk mencari uang di Google Adsense.

Meskipun perkembangan teknologi sekarang semakin cepat seperti adanya platform media sosial yang banyak mayoritas digunakan oleh warganet, tetap saja banyak warganet yang tidak mengetahui bahwa membuat blog di blogger.com dapat menghasilkan uang dari Google Adsense. Menggunakan platform blogger sangatlah direkomendasikan bagi pemula yang ingin mencari penghasilan dari Google Adsense dengan menjadikan sumber traffic dan media informasi melalui penulisan artikel di blogger.

Bagi pemula tidak usah ragu untuk belajar membuat blog, disini penulis akan menjelaskan secara detail “Bagaimana cara membuat Blog di Blogger.com bagi pemula dan bagus untuk SEO.“ Disini sebagai penulis akan memberikan secara rinci mulai dari awal membuat blog dari nol sampai siap untuk posting artikel dan menjelaskan bagaimana cara melakukan SEO blog. Silahkan ikuti langkah-langkahnya sampai selesai.

Cara Membuat Akun Blogger

Sebelum membuat akun blogger, pastikan dahulu Anda membuat akun Gmail yang nantinya akan digunakan untuk mendaftarkan akun di platform Blogger. Disini penulis tidak akan menjelaskan secara detail cara membuat akun Gmail, tetapi kalau Anda menginginkan kami untuk menjelaskan secara detail Cara Membuat Akun Gmail, silahkan komentar dibawah. Di lain waktu nanti penulis akan jelaskan secara detail cara membuatnya. Setelah akun Gmail sudah ada, sekarang mempelajari bagaimana cara membuat akun blogger.

Ada lima langkah yang harus Anda ikuti, dimulai dari penentuan niche blog yang sesuai SEO, membuat akun blogger, pengaturan SEO untuk blogspot, dan menentukan domain sampai bagaimana cara menghubungkan domain ke akun blogger Anda. Berikut ini lima langkah pembuatan blog di Blogger.com yang akan kita bahas kali ini:

Menentukan Niche Blog

Sebelum memulai membuat akun blogger, kamu harus menentukan niche atau topik pembahasan yang akan kamu tulis pada blog tersebut. Sebagai contoh saja, jika Anda akan mengembangkan dunia usahamu lewat online menggunakan media website, sebaiknya niche blog yang tepat untuk blog kamu yaitu membahas seputar produk atau jasa yang akan kamu jual. Dengan menentukan niche blog yang tepat akan membuat brand nama yang unik di pencarian Google sehingga kamu akan bisa merangking di page one melalui brand kamu sehingga bisa mendatangkan traffic yang tinggi pada blog Anda.

2.1 Apa Itu Niche Blog?

Niche blog adalah sekumpulan beberapa topik pembahasan yang berfokus pada satu topik pembahasan yang saling berhubungan pada sebuah blog. Dalam membuat blog pasti banyak yang bertanya, kenapa blog yang dibuat harus fokus pada satu niche blog saja? Alasan saya sebagai penulis di BelajarBlog “Dengan menentukan satu topik pembahasan, Anda akan lebih fokus membahas pada satu topik saja sehingga tidak melebar ke luar topik dan Anda akan dikenal sebagai ahli dibidang niche blog tersebut.

Jika beruntung, niche blog Anda bisa di monetisasi oleh Google Adsense sebagai pemilik iklan yang sudah dikenal banyak warganet. Niche blog yang fokus pada satu topik akan mengeluarkan Iklan yang sesuai dengan topik pembahasan sehingga besar kemungkinan akan mendatangkan pengunjung yang relevan pada blog Anda yang berpotensi pengunjung akan klik Iklan tersebut”.

2.2 Bagaimana Cara Menentukan Niche Blog?

Saat menentukan niche blog yang akan kamu bahas pada blog kamu, ada tiga cara agar topik yang kamu bahas nanti bisa tepat. Silahkan simak caranya berikut ini.

  1. Tentukan Niche Kesukaanmu Sesuai Keahlianmu

    Menentukan niche agar sesuai dengan kesukaanmu dan keahlianmu merupakan kunci sukses pertama Anda dalam memilih niche pada blog Anda. Sebab dengan pemilihan niche yang Anda suka sesuai keahlianmu akan memdahkan Anda untuk mengembangkan ide-ide kreatif pada konten blog Anda sehingga pengunjung blog akan banyak berinteraksi langsung melalui komentar di blog Anda maupun bertukar links membahas satu niche blog. Dengan niche yang Anda sukai secara otomatis Anda tidak akan bosan atau jenuh untuk mengupdate artikel di blog Anda.

    Terus, bagaimana dengan Anda yang tidak memiliki keahlian khusus untuk menentukan niche blog? Tenang, Anda bisa melakukan tulis ulang menggunakan kata-kata Anda sendiri sehingga membentuk sebuah artikel dengan niche blog yang Anda pilih, sehingga pengunjung akan percaya dan menjadikan referensi dari blog yang Anda buat.

  2.  Menentukan Niche Yang Populer

    Menentukan niche blog saja tidak cukup untuk meningkatkan traffic blog Anda. Anda juga memerlukan niche blog yang sedang trends, Bagaimana caranya?

    Pertama, silahkan gunakan Google Trends yang sudah disediakan untuk menentukan minat pembaca dengan memasukkan niche blog yang ingin Anda analisis misalnya kata kunci “cara membuat Blog” untuk dianalisis.

  • Topik Populer 

    Dari hasil analisis tersebut, didapatkan berapa jumlah audience yang sering menggunakan kata kunci cara membuat blog. Pada Topik Populer tersebut, Anda bisa mengatur jumlah  audience berdasarkan waktu tertentu.

  • Membandingkan Topik Menurut Google Trends

    Selain Anda dapat melihat jumlah audience yang menggunakan kata kunci tersebut, di Google Trends juga menyediakan kolom perbandingan sesuai kata kunci Anda. Sebagai contoh jika Anda akan melakukan perbandingan topik “cara membuat Blog” dengan “tutorial seo”. Hasilnya akan diperlihatkan berupa grafik dan kueri terkait dari kedua kata kunci tersebut.
Silahkan Masukkan Email Gmail Anda Pada Kolom Yang Tersedia

Silahkan Tentukan Title Blog Anda

Masukkan Alamat URL Blog Anda

Tentukan Nama Penulis Blog Anda

Membuat Akun Blogger

Setelah Anda memahami, sudah menentukan niche blog yang akan Anda bahas pada blog Anda dan sudah memiliki akun Gmail yang akan digunakan untuk mendaftarkan akun blog di blogger.com, Anda bisa mengikuti panduan lengkap membuat blog di blogger.com dan mengelolanya sendiri. Berikut caranya:

3.1 Membuat Akun Blog 2022

Membuat Blog

  • Silahkan Login ke Blogger melalui links yang sudah kami sediakan.

  • Klik Buat Blog Anda.

  • Silahkan masukkan Email Gmail yang sudah Anda buat.

  • Setelah itu masukkan password Gmail Anda dan klik “Berikutnya”.

  • Silahkan masukkan nama blog Anda yang akan digunakan sebagai title blog.

  • Masukkan alamat URL bebas (disini penulis mengatakan bebas dikarenakan alamat URL ini nantinya akan diganti menggunakan domain yang kami beli di idcloudhost.com) klik “Berikutnya.” Silahkan pelajari cara mengubah blogspot menjadi custom domain.

  • Masukkan konfirmasi nama tampilan Anda yang nantinya akan dijadikan identitas Anda sebagai pemilik sekaligus penulis artikel pada blog Anda, klik selesai.

Mengelola Blog

  • Dalam mengelola blog, Anda dapat mengubah dan membaca hasil postingan artikel Anda pada blog yang sudah di publish. Pelajari bagaimana mengontrol dan menambahkan penulis blog untuk akses ke blog.

  • Anda dapat mengubah template blog Anda agar terlihat menarik sesuai kesukaanmu dan pastinya tidak mengurangi struktur SEO Off-page pada blog. Pelajari bagaimana mengubah template blog.

Mengoptimasi SEO Off-page di Blogspot

Jika dilihat dari namanya saja SEO Off-Page pastinya berhubungan dengan permasalahan optimasi dibidang perbloggeran dimana optimasi tersebut di fokuskan pada salahsatu website yang mendapat dukungan dari luar domain. Lebih jelasnya silahkan simak penjelasan dibawah ini sampai selesai. Pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan secara rinci apa yang dimaksud SEO Off-Page dan bagaimana cara mengoptimasikan SEO Off-Page tersebut?

4.1 Apa Yang Dimaksud SEO Off-Page?

SEO Off-Page merupakan salahsatu upaya mengoptimasikan SEO menggunakan website diluar domain Anda. Untuk mengoptimalkan SEO Off-Page di website Anda, diperlukan berbagai macam platform seperti menggunakan media sosial, saling tukar links antar blogger yang masih satu niche blog Anda, dan forum online. Melakukan SEO Off-Page tidak cukup hanya membangun link building antar blogger seperti yang Anda ketahui pada umumnya. Disini BelajarBlog akan menjelaskan bagaimana cara melakukan SEO blog?

SEO blog terbagi menjadi dua yaitu SEO On-Page dan SEO Off-Page. Untuk kali ini disini kami akan membahas SEO Off-Page terlebih dahulu, untuk SEO On-Page silahkan kunjungi artikel kami mengenai “Pelajari Bagaimana Cara Optimasi SEO On-Page di Blogspot”. 

SEO Off-Page SEO On-Page
Memperbanyak Link Building Memperbanyak Keyword atau Kata Kunci
Meningkatkan engagement rate di media sosial Mengoptimasi Images Di Search Engine
Menerapkan Local SEO Membangun Internal Link
Mempergunakan Media Forum Online Memperhatikan Struktur Meta Tag

Melihat perbedaan diatas pastinya Anda sudah tahu bagaimana Anda akan mengoptimasi SOE website Anda agar bisa mencapai pageone di search engine dengan melakukan optimasi SEO secara internal maupun eksternal dengan melibatkan berbagai macam platform.

4.2 Kenapa SEO Off-Page Penting?

SEO Off-Page sangat penting harus Anda lakukan sebab Google sendiri akan menilai kualitas website Anda melalui banyak faktor internal maupun ekternal yang nantinya akan menentukan perankingan website Anda layak masuk di pageone search engine Google atau tidak. Usahakan setiap mengoptimasi SEO Off-Page, selalu berpedoman dengan niche blog Anda sebab dapat meningkatkan kredibilitas website Anda di mata Google sehingga dengan mudah website Anda akan masuk di pageone.

Alasan kenapa SEO Off-Page sangatlah penting dimata Google, silahkan “Pelajari Bagaimana Mengoptimasi SEO Off-Page Di Blogspot Untuk Pemula.”

Menentukan Domain

Domain adalah sebuah website yang memiliki alamat URL unik menggunakan ekstensi seperti .com, .my.id, co.id, dll agar lebih mudah dikenali oleh pengguna. Menggunakan nama domain untuk brands usahamu atau konten blog sangat penting walaupun tidak berdampak langsung terhadapat traffic blog Anda akantetapi mempercepat situsmu dikenali oleh banyak orang. Jadi penentuan nama domain sangatlah penting dan sesuaikan dengan niche blog agar lebih mudah dipahami oleh penggunanya.

Misalkan kamu suka menulis sebagai jurnalis media informasi yang memiliki topik berita, alamat URL yang sesuai dengan topik seperti kompasjatengupdate.com akan memberikan sedikit gambaran konten apa saja yang akan kamu tulis di dalam blog kamu. Jika kamu sudah menentukan nama domain, kami akan merekomendasikan untuk memeriksa ketersedian domain kamu ke IDCLOUDHOST seperti domain yang saya gunakan di BelajarBlog. Banyak Promo-promo menarik yang harus anda lihat melalui links yang sudah kami sediakan dibawah ini.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

5.1 Bagaimana Cara Membeli Domain di IDCLOUDHOST?

Silahkan ikuti langkah-langkah berikut membeli domain di IDCLOUDHOST:

Halaman Utama IDCLOUDHOST

Halaman Pendaftaran Domain IDCLOUDHOST
Halaman Pendaftaran Domain IDCLOUDHOST

Halaman Konfirgurasi Domain di IDCLOUDHOST
Halaman Konfirgurasi Domain di IDCLOUDHOST

Pop up di Ringkasan Pesanan Domain di IDCLOUDHOST
Pop Up Ringkasan Pesanan Domain di IDCLOUDHOST

Halaman Payment Pesanan Domain di IDCLOUDHOST
Halaman Payment Pesanan Domain di IDCLOUDHOST

Invoice Pesanan Domain di IDCLOUDHOST
Halaman Invoice Pesanan Domain di IDCLOUDHOST

  1. Kunjungi halaman IDCLOUDHOST yang sudah kami sediakan diatas.

  2. Silahkan arahkan kursor ke “Produk” lalu klik “Domain”.
    Pada halaman ini Anda akan ditunjukkan ektension domain yang akan Anda pergunakan untuk nama brands usahamu atau blog artikel kamu.

  3. Silahkan isi nama Domain dan pilih ekstension domainnya dan klik “Check” dan menuju ke halaman Pendaftaran Domain.

  4. Pada halaman Pendaftaran Domain akan menampilkan ketersediaan nama domain yang Anda masukkan. Jika tidak tersedia sesuai ektension domain yang kamu pilih tidak tersedia, maka sistem IDCLOUDHOST akan memberikan alternatif ekstension lainnya yang dapat Anda pergunakan. Setelah nama domain tersedia, silahkan klik “Masukkan ke Keranjang” dan klik “Selesai.

     
  5. Masuk ke menu Konfirgurasi Domain silahkan klik “Continue” yang berada di bawah kanan halaman.

  6. Maka akan muncul menu Pop up dan klik tanda “X” dan silahkan isi data yang diminta oleh pihak penyedia domain. Data yang Anda berikan dijamin aman dari pihak yang tidak bertanggung jawab. Jika Anda memiliki kode promo untuk pembelian domain di IDCLOUDHOST, silahkan masukkan di menu Promotion dan klik “Validasi Kode”.

  7. Jika semua data yang diminta sudah diisikan semua, silahkan klik menu “Checkout” maka Anda akan dibawa ke halaman View Invoice.

  8. Silahkan lakukan pembayaran sesuai nama Bank yang Anda pilih, bisa melalui ATM center, mobile banking, maupun melalui teller bank dengan menunjukkan Invoice tersebut. Invoice tersebut bisa Anda unduh di menu Actions yang berada di pojok bawah kanan.

  9. Setelah Anda menyelesaikan proses pembayaran, maka sistem akan otomatis mengkonfirmasinya sendiri. Sampai disini proses pembelian domain di IDCLOUDHOST sudah selesai tinggal menunggu domain tersebut aktif di setujui oleh pihak penyedia domain.

Setelah proses pembelian domain selesai, silahkan “Pelajari Bagaimana Cara Menghubungkan Domain ke Akun Blogger.” yang akan kami jelaskan dibawah ini secara detail dan mudah dipahami.

5.2 Cara Menghubungkan Domain Ke Akun Blogger

Berikut langkah-langkah Cara Menghubungkan Domain ke Akun Blogger yang sudah Anda beli di IDCLOUDHOST :

  1. Setelah domain yang Anda beli disetujui dan status menjadi aktif, hal pertama yang harus dilakukan masuk ke akun blogspot kalian bagi pengguna blogger. Silahkan masuk ke “Halaman Setelan” > klik “Domain Kustom” dan masukkan nama domain yang sudah Anda beli di penyedia domain. Setelah itu klik “Simpan.”

  2. Maka di Halaman blogspot akan muncul menu Pop Up secara otomatis berisikan registrasi atau konfirmasi domain yang Anda masukkan dengan penyedia domain untuk memastikan bahwa domain yang Anda masukkan benar-benar milik Anda sebelum URL blogspot menjadi Domain Kustom. Cara sangat mudah!

  3. Silahkan masuk ke panel domain IDCLOUDHOST login ke : https://my.idcloudhost.com

  4. Setelah itu Anda akan masuk ke menu halaman Dashboard silahkan klik “Domains” > klik “My Domain.”

  5. Silahkan klik nama domain, lalu klik “Manage Nameserver.” Dan pastikan nameserver pada posisi default dan biarkan saja begitu.

  6. Setelah dipastikan nameserver default, silahkan lanjut ke menu “Domains” > klik “DNS Management.”

  7. Silahkan uncek domain yang akan dihubungkan ke server dengan klik “icon pena sebelah kanan.”

  8. Pada halaman DNS Management silahkan tambah record baru dengan cara klik “add record.”

  9. Silahkan tambahkan CNAME yang muncul pada menu Pop Up server Blogspot. Untuk lebih jelasnya Anda bisa mengikuti langkah-langkahnya menggunakan Images yang sudah q urutkan dari awal membuat akun blogspot sampai menghubungkan ke Domain Kustom secara step by step.

    Cara Mengubah Blogspot menjadi Custome Domain di IDCloudHost
    Masukkan Nama Domain ke Blogspot

    Menghubungkan DNS Domain dengan Blogspot
    Muncul Pop Up CNAME default Blogspot

    Menghubungkan Domain dengan akun blogspot di IDCLoudHost
    Halaman My Domains di IDCLOUDHOST

    Mengelola Domain Nameserver di IDCloudHost
    Mengelola Domain Nameserver di IDCloudHost

    Menambahkan Record dari Blogspot ke IDCLoundHost
    Menambahkan Record dari Blogspot ke IDCLoundHost

    Menambahkan record baru di IDCLOUDHOST Domain dengan Blogspot
    Menambahkan record baru di IDCLOUDHOST Domain dengan Blogspot

    Aktifkan Pengalihan Domain dan HTTPS di Blogspot Anda
    Aktifkan Pengalihan Domain dan HTTPS di Blogspot Anda

  10. Jangan lupa masukkan CNAME alamat IP dibawah ini ke DNS Management:

  11. 216.239.32.21 216.239.34.21
    216.239.36.21 216.239.38.21

  12. Jika seluruh konfirgurasi selesai semuanya, silahkan klik “Save Changes.”

  13. Setelah itu kembali ke halaman blogspot Anda, tunggu sekitar lima menit sebelum melakukan konfirmasi domain Anda setelah itu klik “Simpan.

  14. Jangan lupa mengaktifkan Setelah HTTPS supaya domain kita aman.

Penutup

Demikian secara lengkap step by step Panduan Membuat Blog di Blogger Bagi Pemula Dan Bagus Untuk SEO. Semoga tutorial ini dapat bermanfaat untuk kalian yang sedang belajar ingin membuat website sekadar untuk membuat brands usahanya melalui internet atau ingin mencari penghasilan dari Google Adsense, silahkan simak terus BelajarBlog. Jangan lupa Follow media sosial kami untuk mendapatkan notifikasi terbaru terupdate mengenai dunia blogging. Terimakasih dan sampai ketemu di artikel selanjutnya.

Open Comments

Post a Comment for "Panduan Lengkap Membuat Blog di Blogger Bagi Pemula Dan Bagus Untuk SEO [Update 2022]"