Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Cara Monetisasi Google Adsense Untuk Menghasilkan Uang

Cara Monetisasi Google Adsense Untuk Menghasilkan Uang

Mendapatkan tambahan penghasilan uang bisa dengan mudah Anda dapatkan melalui internet dengan memulai monetisasi google adsense. Kemungkinan Anda sering mendengar banyak para blogger Indonesia yang mencoba mencari rejekinya melalui internet salahsatunya dengan cara monetisasi google adsense menggunakan situs yang mereka buat sendiri. 

Tidak semua orang yang sudah terjun ngeblog dengan menghasilkan uang dijadikan pekerjaan sampingan, melainkan dijadikan penghasilan utamanya. Bahkan para blogger yang sudah lama terjun ngeblog bisa menghasilkan uang selama satu bulan bisa mencapai jutaan rupiah bahkan bisa mencapai puluhan juta rupiah hanya melalui google adsense. Tidak hanya mereka saja yang berkesempatan mendapatkan penghasilan melalui google adsense, Anda pun bisa berkesempatan untuk mendapatkan penghasilan yang sama seperti mereka.

Pada artikel ini kami akan fokus membahas persoalan mengenai cara monetisasi google adsense dari tips dan trik mendaftar google adsense sampai berhasil diterima oleh Google Adsense. Semua materi mengenai monetisasi google adsense ini sudah sesuai kebijakan google adsense 2022. Simak terus penjelasannya sampai selesai pada artikel ini.

Cara Monetisasi Google Adsense

Cara mendaftar google adsense itu sangat mudah sekali, tingkat pemula sekalipun atau bagi kalian yang baru pertama kali mendaftar di Adsense bisa mengikuti cara ini. Anda cukup menyiapkan akun email gmail aktif dan situs yang sudah siap untuk di monetisasi, bukan situs yang masih dalam tahap pengembangan. Jika syarat untuk mendaftar google adsense sudah dipersiapkan semua, berikut ini penjelasan bagaimana langkah-langkah untuk monetisasi google adsense:

Langkah 1. Membuat Akun Google Adsense

Tips Monetisasi Google Adsense
Halaman Beranda Situs Google Adsense

Pertama, Apabila Anda akan membuat akun adsense silahkan persiapkan akun email Gmail yang aktif dengan mengunjungi halaman pendaftaran Adsense. Pada saat menelusuri halaman tersebut tiba-tiba muncul pesan “This site uses cookies from Google to deliver its services and to analyze traffic.” Silahkan klik “Ok, Got It” setelah itu klik “Mulai.” Setelah klik mulai, maka Anda menuju ke halaman akun email yang akan dipergunakan pertamakali untuk mendaftarkan google adsense, silahkan pilih email yang sesuai.

Perhatian!: Saat akan membuat akun google adsense disarankan menggunakan akun email baru atau akun yang sering Anda gunakan tetapi email tersebut belum pernah digunakan untuk mendaftarkan di google adsense. Apabila Anda masih belum mempersiapkan email tersebut, Anda dapat membaca mengenai membuat email baru di situs BelajarBlog. Akantetapi Bagi kalian yang masih pemula belum paham mengenai Membuat Gmail Baru, dapat menyimak langkah-langkah di artikel tersebut.

Halaman Pendaftaran Google Adsense
Halaman Pendaftaran Google Adsense

Setelah memilih akun email (disini kami menggunakan akun Gmail yang masih baru), Anda akan dibawa ke menu utama membuat akun Google Adsense dengan mengisi beberapa hal yang diperlukan seperti "alamat situs" yang akan di daftarkan Adsense, memilih "pembayaran sesuai Negara Anda," dan membaca isi persyaratan dan ketentuan dari Google Adsense “Jangan lupa melakukan "uncek" setelah membaca persyaratan dan ketentuan Adsense”. Setelah itu pilih “Mulai gunakan Adsense.”

Sebelum melanjutkan ke Langkah 2 berikutnya, ada baiknya Anda mempelajari Tips Monetisasi Situs untuk meningkatkan penghasilan Google AdSense yang sudah kami sertakan di situs BelajarBlog supaya mudah di approve oleh Google AdSense.

Langkah 2. Mengaktifkan Akun AdSense

Selesai membuat akun AdSense, Anda perlu mengaktifkan terlebih dahulu agar dapat mengaktifkan atau menampilkan iklan di situs yang Anda miliki untuk siap menghasilkan uang. Setelah ini, Anda akan dibawa ke menu Dashboard Google AdSense untuk diminta memberikan informasi yang diminta.

Perhatian!: Persiapkan data diri Anda sebelum memasukkan data informasi yang diminta. Jika sudah siap, silahkan isi alamat sesuai data diri Anda yang berada di Kartu Tanda Penduduk (KTP). Jangan sampai salah ya. Ketika Anda salah memberikan informasi seperti alamat tempat tinggal, nantinya Anda sendiri akan kesulitan dikemudian hari apabila Anda ingin mencairkan uang hasil pembayaran AdSense. Jika kalian masih belum paham, silahkan baca artikel kami tentang Cara Memasukkan Data Informasi Pembayaran Yang Benar di Akun AdSense.

Info Pembayaran Google AdSense
Info Pembayaran Google AdSense


Setelah selesai mengisi data informasi dengan benar, silahkan klik “Submit”. Silahkan salin dan tempel baris kode berikut ke dalam halaman web. Sebagai ID AdSense, kode tersebut dapat digunakan di situs web. Jika kalian bingung bagaimana cara meletakkan kode iklan ke dalam situs website, bisa mengikuti petunjuk pemasangan pada artikel kami tentang cara menerapkan kode iklan AdSense yang benar di blogger yang sudah kami sertakan link tautannya di akhir pembahasan ini.

Setelah itu, pastikan untuk mencentang kotak di bagian berlabel "I’ve pasted the code into my site". Baris kode ini harus ditambahkan ke halaman web agar ini berfungsi dengan baik.

Apa Kegunaannya?

Memastikan kode iklan sudah di tempatkan secara benar dan memenuhi syarat untuk aktivasi akun AdSense atau tidak layak saat melakukan audit. Sebelum melangkah ke selanjutnya, pastikan Anda menekan tombol "Selesai" di bagian bawah halaman untuk melanjutkan. Notifikasi akan muncul di bawah jika Anda telah berhasil menyelesaikan tugas.

Google AdSense sebelumnya telah meminta Anda menunggu setidaknya tiga hari sebelum website Anda disetujui menampilkan iklan. Berbeda jika ada kondisi tertentu, mungkin diperlukan waktu lebih lama pada kasus tertentu. Proses pengajuan untuk aktivasi akun AdSense terhadap peninjauan ke situsmu, akan segera dikonfirmasikan melalui email, apakah situsmu layak untuk menampilkan iklan atau belum layak. Surat penolakan itu akan diberikan dan berisikan alasan mengapa ditolak.

Langkah 3. Publikasikan AdSense

Apakah Google AdSense berfungsi sekarang, setelah disetujui? Iklan harus dibuat, dan kemudian diposting ke situs website. Penempatan dan pemilihan jenis Iklan akan menjadikannya fitur yang menarik, sebab Iklan tersebut disesuaikan dengan minat Anda.

Membuat Unit Iklan

Di dasbor AdSense, buka tab "Iklan". Pilihan konten iklan dapat ditemukan di beberapa menu.

Pada menu "Ringkasan" terdapat kode iklan yang wajib Anda tempatkan ke dalam situs website blogger, unit iklan, dan setelan global. Jika sebelumnya pernah membuat unit iklan, silahkan perhatikan unit iklan tersebut akan tampil disini. Sesudah membuat unit iklan, langkah selanjutnya yaitu menempatkan ke dalam situs. Jika sudah, silahkan tunggu beberapa saat situs Anda mulai menampilkan iklan AdSense. Pada proses ini pihak AdSense meninjau penempatan iklan tersebut, silahkan bersabar menunggu sesaat.

Jika Anda baru pertama membuat unit iklan, silahkan masuk ke tab menu "Menurut unit iklan", tentukan unit seperti contoh gambar dibawah ini.

Saran kami, gunakan unit iklan yang sudah di rekomendasikan oleh pihak AdSense agar iklan yang ditampilkan ketika visitor atau pengunjung blog menggunakan perangkat yang berbeda-beda tampilan iklan tersebut supaya dapat menyesuaikan dengan template website.

Display Iklan

Beberapa Iklan salahsatunya Iklan Display mengharuskan Anda memilih bentuk dan lokasi iklan di situs website, seperti horizontal atau vertikal, sebelum Anda dapat menggunakannya. Untuk ukuran iklan, tetap menggunakan ukuran iklan yang sudah direkomendasikan oleh pihak AdSense.

Nama Unit Iklan

Setelah menentukan Unit Iklan dan Display iklan, langkah selanjutnya yaitu memberikan nama unit iklan tersebut agar lebih mudah dipahami ketika Anda akan menerapkan di situs website. Penamaan ini bersifat bebas tidak berpengaruh terhadap situs website, ini bersifat memudahkan Anda saja ketika akan menerapkan di situs website.

Gaya Iklan

Penamaan Unit Iklan dan menentukan unit iklan sudah ditentukan, maka pengaturan yang terakhir yaitu menentukan gaya iklan. Menentukan gaya iklan ini dapat dijumpai ketika Anda memilih jenis iklan seperti Iklan dalam artikel salahsatunya dan Iklan multipleks. Di dalam iklan ini Anda dapat menentukan gaya iklan seperti font, pewarnaan seperti judul, deskripsi, dan latar belakang. Sedangkan untuk unit iklan lainnya, saran saya tetap menggunakan bentuk, posisi, dan gaya iklan yang direkomendasikan pihak AdSense.

Jika semuanya sudah selesai, proses selanjutnya pilih "simpan dan dapatkan kode" setelah Anda menyelesaikan langkah-langkah di atas. Setelah itu salin dan tempatkan kode iklan di situs website Anda sesuai petunjuk seperti yang kami sertakan gambar seperti dibawah ini. Setelah kode iklan tercopy semuanya, langkah berikutnya yaitu menerapkan kode iklan AdSense yang benar di blogger. Pada kesempatan kali ini, kebetulan kami membuat website menggunakan platform Blogger. Jika kalian juga menggunakan platform yang sama dengan situs kami, silahkan ikuti langkah-langkah yang kami jelaskan pada situs web kami tentang Cara Menerapkan Kode Iklan AdSense Yang Benar di Blogger.

Proses pengajuan ini memerlukan beberapa hari untuk di approve oleh pihak Google Adsense sendiri. Belum lagi jika situs yang sedang Anda ajukan mendapati penolakan karena sesuatu hal yang harus diperbaiki pada situs tersebut sebelum melakukan pengajuan kembali ke Adsense, sehingga diperlukan beberapa kali melakukan pengajuan ke pihak Adsense sebelum memperoleh balasan email bahwa situs Anda layak untuk menampilkan iklan di Google AdSense.

Open Comments

Post a Comment for "Cara Monetisasi Google Adsense Untuk Menghasilkan Uang"